Jumat, 23 Januari 2009

Organisasi...

Nama : Eko Liyanto
Kelas : 1 AB C
1. Organisasi
1. Apa organisasi itu? Apa manfaat bagi kehidupan? Dan apa cirri nya menurut Carcia?
2. Apa manajemen itu?
3. Ganbarkan dan jelaskan the interactive nature of management process?
4. When we think of organization we think of management
  a. bagaimana pendapat anda?
  b. Apakah dengan manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja perusahaan?
  Jelaskan?
1.organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama secar tersruktur unutk mencapai tujuan atau serangkanian tujuan tertentu. Organisasi dapat didefinisikan jiga sebagi “dua orang atau lebih yang terlibat dalam upaya sistematik unutk menghasilkan barang atau jasa”
 Menurut Cascio (1992) Setiap organisasi 
 Terdiri atas orang-orang
 Yang melakukan tugas-tugas khusus
 Yang di koordinasikan
 Untuk meningkatkan nilai atau kegunaan dari sejumlah barang atau jasa
 Yang diinginkan oleh, dan diseciakan untuk, sekumpulan konsumen atau klien
Manfaat Organisasi bagi kehidupan sangat banyak diantaranya dengan adanya organisasi pencapaian tujuan kita akan lebih mudah. Dengan organisasi membuat segala yang kita lakukan lebih teratur sehingga hasil yang di dapat akan lebih maksimal.
2 Manajemen adalah :Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas upaya-upaya para anggota organsasi dan atas penggunaan semua sumber daya organisasi yang tersedia unutk mencapai tujan organisasi. Atau dapat dikatakan Proses pencapain tujuan organisasi melalui pelaksanaan fungsi-fungsi perencaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:






 
 Perencanaan (planning) adalah proses pengalokasian penetapan tujuan dan cara-cara terbaik untuk mencapainya.
 Pengoganisasian (organizing) adalah proses pengalokasian dan pengaturan SDM agar rencana berjalan degan baik.
 Pengarahan (Leading) adalah proses mempengaruhi oarng lain agar mereka bersedia menunujukan perilaku kerja yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
 Pengawasan (controlling) adalah prosees pemantauan aktivitas-aktivitas organisasi untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan ini sejalan dengan rencana dan proses koreksi atas kesalahan atau penyimpangan yang terjadi.

4. a. Tentu karena Menurut saya Management suatu perusahaan tidak hanya menyangkut para manger dan sistem managemen yang diciptakan, akan tetapi meneger dan sistem management lah yang membedakan organisasi formal dari kumpulan beberapa orang yang bersifat informal atau tidak memiliki tujuan. Oleh karena itu ketika kita berfikir tentang organisasi kita mesti berpikir tentang Management karena management adalah sistim dari Organisasi tersebut 
  b. Tentu, karena dengan Sistim Management yang baik seluruh kinerja masing-masing bagian akan berkesinambungan dengan bagian yang lainnya, secara harmonis sehingga tuluan perusahaan akan tercapai secara maksimal yang berimbas pada tumbuh sehatnya perusaan tersebut di dunia usahanya. 

2. “manager”

1. What and who is manager? Is it differ with Leader?
2. What is duties of manager? Would you classified into 3 catagories depend from 
  Mintzberg?
3. State and draw 3 kinds of manager task compare with 3 level of management?
4. The future chalange of management are need for vision, need for ethic and need for 
  responsivness to cultural diversity ?

1.Manager adalah Orang yang bertanggung jawab untuk mengerahkan upaya-upaya yang ditujukan untuk membantu organisasi falam mencapai tujuannya atau bisa dikatakan manajer adalah orang yang bertanggung jawab pada proses management dan menciptakan system management, sedangkan Leader adalah seseorang yang memimpin suatu Organisasi. Sehingga perbedaan antara leader dan manager adalah objek yang dipimpin dan tanggung jawab yang masing-masing mereka pegang.
2.peran-peran manager
Role Description
INTERPERSONAL
Figurhead
Leader

Laison
 
Performs symbolic duties of a legal or social nature.
Build relationships with subordinate and communicates with, motivates, and coaches them
Maintains network of contacts outside unit who provide help and information
 
INFORMATIONAL
Monitor

Disseminator

Spokesperson 
Seek internal and external information about issues that can effect organization
Transmits information internally that is obtained from either internal or external sources.
Transmits information about the organization to out sider
DECIONAL
Entrepreneur

Disturbance handler

Resource allocator

Negotiator 
Act as initiator, designer, and encourager of change and innovation
Takes corrective action when organization faces important, unexpected difficulties.
Distributes resource of all type, including time, funding. Equipment, and human resources.

Represents the organization in major negotiations affecting the manager’s areas of responsibility

CONCEPTUAL

HUMAN
TECHNICAL

3. 3 level Managers
CONCEPTUAL
HUMAN

TECHNICAL


CONCEPTUAL

HUMAN

TECHNICAL

  FIRST-LINE MIDLLE TOP
MANAGEMENT MANAGEMENT MANAGEMENT  
First –line management:manejer tingkat rendah dalam hirarki organisasi. Yang
  bertanggung jawab pada karyawan operasional.
Midlle management: manajer yang berada pada jenjang menengah hirarki organisasi
  mereka bertanggung jawab pada manejer lain.
Top management: manejer yang bertanggungjawab atas pengelolaan organisasi secra
  menyeluruh.

4. “The need for vision” mengambil manfaat dari kondisi perubahan lingkingan, karena 
  perubahan-perubahan lingkungan berlangsung konstan dan dinamis.
  “The need for ethic”keputusan yang diambil oleh manajer di dalam organisasi, 
  mempunyai pengaruh ke dalam dan keluar oraganisasi, sebab itu, manejer harus 
  memperhatikan nilai-nilai etik.
  “The need for responsiveness to cultural diversity” setiap manejer dalam oeganisasi
  modern perlu memiliki keterampilam untuk mengellola keragaman budaya.

3. Questions 3 “Environment Business”
1. What is environment in the business context?
2. Differ between internal environment and external environment give example?
3. There are four kinds of environment, there are uncertainty, complexity, dynamic and
  munifience environment explain each?
4. What kinds of matters related with natural environment why is become a problem for 
  Manager
  Jawab :
1. lingkungnan bisnis adalah lingkungan yang berada di dalam dan di luar bisnis atau
  lingkungan ekternal dan lingkungan internal, yang mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut.

2. Lingkungan eksternal
Adalah kekuatan-kekutan utama di luar organisasi yang memiliki potensi unutk mempengaruhi keberhasilan suat organisasi dalam mencapai tujuan. Contoh nya
Unsur teknologi, unsur ekonomi, unsure politik/hukum, unsur sosial budaya, unsur internasional.
dan task environment: pekerja, pemegang saham dan dewan direksi, konsumen dank lien, pesaing, pemasok, penawaran tenaga kerja, lembaga/badan pemerintah, lembaga keuangan, serikat pekerja, media, special-interests groups
. Lingkungan internal
Adalah faktor-faktor atau kondisi umum yang berada di dalam suatu organisasi/ perusahaan lingkungan ini mempengaruhi mission, policy, dan comporate culture. 
.
3. ketidakpastian lingkungan: suatu lingkungan diman kondisi masa depan yang
  mempengaruhi sebuah organisasi tidak dinilai tau diprediksi secara akurat.
  Kompleksitas lingkungan: jumlah unsure di dalam lingkungnan sebuah organisasi dan derajat kesamaannya.
  Dinamika lingkungan: adalah tingkat dan prekdiktabilitas perubahan dalam insur-
  unsur lingkungan sebuah organisasi.
  Keramaham lingkungan: dejarat yang menunjukan sejauh mana lingkungan dapat
  mendukung pertumbuhan dan stabilitas yang berlanjutan.
4. beberapa masalah yan menonjol adalah 
o Polusi
o Perubahan iklim
o Penipisan ozon
o Isu-isu global lainnya. (penyediaan air bersih, populasi, ketersediaan pangan, dll)
 Hal tersebut menjadi masalah bagi manejer, karena menejer dianggap sebagia seseorang yang bertanggungjawab yang mengatur sebagian perusahaan, tetapi masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah manejer tetapi menjadi masalah bagi masyrakat yang berada di sekitar perusahaan/industri tertentu.

4. ethics

1. What is ethics?
2. What is professional ethics?
3. Why ethics is important for manager decision process?
4. In the business context ethics is important society, stakeholder, policy,
  and personal. What do you think?

1. Etika adalah nilai-nilai dan norma moral yang digunakan oleh seseorang / kelompok sebagai pegangan bagi tingkah lakunya
2. Professional ethic adalah suatu moral community yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama tentang apa yang baik dan buruk serta hal yang boleh dan tidak dilakukan dalam pekerjaanya.
3.dengan adnaya etika yang baik menejer akan mampu mengnabil keputusan dengan baik
  juga tanpa adanya pihak yang dirugikan, karena menejer menggunakan aturan-aturan
  dalam mengambil keputusan.
4. masyarakat: bentuk kelembagaan atau industri dasar dalam suatu masyrakat
  Stakeholder:jenjang ini kita mempertanyakan bagaimana seharusnnya suatu organisasi atau perusahaan berhubungnan dengan pihak-pihak yang terken adampak dari keputusan-keputusannya, dan juga bagaimana para stakeholder berhungan dengan
  perusahaan.

5. Globalization
1. What is globalization? Is it the management rule? Explain!
2. Promixity, location, and attitude are factor for globalization? Explain!
3. Why competitiveness is important for business globalization?
4. For business there are several ways to go international, explain?

1.Globalisasi adalah pengakuan oleh organisasi-organisasi bahwa bisnis harus mempunyai suatu fokus global, tidak hanya lokal. Globalisasi adalah suatu stategi yang ditujukan untuk mengembangkan produk-produk yang relative standard dan memiliki daya tarik global, serta sekaligus bertujuan untuk menjalankan operasi di seluruh dunia,
  Sangat berpengaruh terhadap peraturan manajemen, karena di dalam kegiatan manajemen terdapat proses manajemen yang meliputi: Planning, organizing, Leading, dan Controlling, keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada manajemen yang di aplikasikan di dalam perusahaan.
 
2.promixity: menjadikan jarak menjadi dekat dan ini berhubungan dengan kemajuan
  teknologi, contoh telepon,internet.
Location: operasi sebuah organisasi yang melintasi batas-batas Negara adalah bagian dari globalisasi.
Attitude:globalisasi yan berkaitan dengan kebutuhan akan suatu sikap baru yang terbuka
dalam melakukan praktek-praktek manajeman secara internasional.
3. kompetitive adalah posisi relative dari satu pesaing di antara pesaing lainnya. Pesaing sangat penting untuk globalisasi, karena dengan adanya pesaing dapat memotivasi untuk menciptakan barang/jasa yang lebih berkualitas di antara pesaing lainnya.
4. How to go INTERNATIONAL 
 Eksport
 Lisensi
Waralaba
Usaha patungan
Kemitraan strategi
Enthnocentric manager
Polycentric Manager
Geocentic Manager
   
6. Small business
1. What is small business?
2. What is entrepreneur? And What is entrepreneurship?
3. is entrepreneurship is a small business? Explain?
4. State 5 character of entrepreneur?
5. explain the berries of entrepreneurship?
Jawab :
1.small business adalah usaha yang dimilii dan dikelola sendiri, biasanya dengan sejumlah kecil karyawan yang bekerja di suatu lokasi saja.
2.Entrepreneur adalah pemrakarsa dari suatu usaha baru dan pemrakarsa berdirinya organisasi baru untuj menjalankan usaha itu.
  Entrepreneurship adalah proses menggabungkan sumber daya untuk menghasilkan barang-barang atau jasa baru; proses ini tampak sebagai sebuah proses yang “discontinuous”.

3. tidak karena usaha kecil merupakan usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri, sedangkan Entrepreneur adalah orang yang memprakasai usaha baru bukan sebuah usaha melainkan sifat dan kemampuan seseorang.

4. Karakter entrepreneurship : 
Need-for-achievement
 Locus of control
 Tolerance for risk
 Tolerance for ambiguity
 Type A behavior

5.HAMBATAN BAGI TUMBUHNYA KEWIRAUSAHAN
ENVIRONMNETAL HELP BARRIERS
Market Contacts A Lack of viable concepts
Lack of market familiarities
Localincubator Companies Lack of Market familiarities
Capable Local Manpower Lack of technical Skills
Technical Education and Support Lack of technical Skill
Supplies Assistance and Credit Lack of seed capital
Local Assitance and credit Lack of seed Capital
Venture savvy banker Lack of business know-how
Lack of seed Capital
Capable local Advisors Lack of business know-how
Entrepreneurial education Lack of business know-how
Compiacency, non-motivation
Successful Role Models Social Stigma 

7. Organizational Culture
1. What is organizational culture? Give example?
2. State the scein`s level of culture?
3. What is multiculturalism? How manager solve this problem?
Jawab :
1. Budaya organisasi adalah mekanisme yang di gunakan oleh sebuah organisasi dan
  anggota-anggotanya untuk belajar mengelola tantangan-tantangan eksternal dan
  mewujudkan integrasi internal.

2. 













Arifacts adalah hal-hal yang membentuk suatu budaya dan mengungkapkan segala sesuatu tentang kebudayaan itu kepada pihak lain. Ini adalah jenjang pertama dalam budaya organisasi.
Esposoued Values adalah alas an yang dikemukakan oleh suatu organisasi tentang cara-cara yang ditempuh untuk untuk melakukan sesuatu, jenjang ini merupakan jenjang kedua dari baudaya organisasi.
Basic Assumptions. asumsi dasar adalah kepercayaan-kepercayaan yang di yakini kebenaran nya.oleh para anggota organisasi.

3. multikulturalisme : pandangan yang adanya yang mengnakui latar belakang budaya yang berbeda-beda, mengakui pula bahwa orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbedadapat hidup berdampingan dan bekerja sama dalam suatu organisasi.
  Menejer mengatasi masalah ini dengan cara tidak membedakan gender,tidak ada sindrom atap kaca, tidak ada pelecehan seksual, dan menejer pun tidak membedakan latar belakang budaya seseorang dalam brkerja, dan menejer harus mampu bersikap bijaksana terhadap latar belakng budaya.

8. Quality

1. What is quality?
2. State 8 dimension of quality?
3. What is TQM?TCQ? Q Cyrcle?
4. What is fishbone diagram? Give the example?
5. What is benchmarking?

1.kualitas :Dalam konteks pekerjaan, kualitas sering di pandang sebagia sesuatu yang tidak hanya sekedar penciptaan produk yang lebih baik dari rata-rata dengan harga yang wajar, dan sekarang diartikan sebagai penciptaan barang dan jasa yang semakin membaik denga harga yang semakin kompetitif; termasuk melakukan segala sesuatu secara benar sejak awal, dari pada membuat dan memperbaiki kasalahan sesudahnya.
  Kualitas dapat diartikan juga sebagai totalitas dari “fearure” dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berstandar pada kemampuan unutk memuaskan kebutuhan, baik yang di ungkapkan maupun yang tidak.

2.dimensi kualitas adalah
 Unjuk kerja
 Feature
 Keandalan
 Kesesuaian
 Ketahanan
 Serviceability
 Estetika
 Perceived quality
3.Manajeman Mutu terpadu atau Total quality Mangement (TMQ) adalah komtimen cultural organisasi untuk memuaskan konsumen melaului penggunaan system yang terdiri atas peralatan, teknik, dan pelatihan.
  Pengendalian Mutu Trepadu atau Total Quality Control (TQC) adalah suatu pendekatan pengendalian mutu yang menekankan pada komitmen organisasi secara menyeluruh, keterpaduan dari sasaran-sasaran pengikatan mutu, dan di masukannya mutu sebagai satu faktor dalam penilaian unjuk-kerja.
  Gugus kendali Mutu (Quality Cicle) adalah kelompok kerja yang bertemu guna membahas cara-cara untuk meningkatkan mutu dan memecahkan masalah-masalah produksi atau sebuah kelompok kecil pekerja yang bertemu secara berkala untuk memecahkan masalah qualitas yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.

4.Fishbone diagram adalah diagram yang digunkan untuk menata dan menunujukan secara visual kemungkinan penyebab dar suatu masalah atau kejadian, disebut juga diagram sebab-akibat atau diagram Ishikawa.

5.Benchmarking: proses pencarian atua penemuan “feature” produk, proses, dan jasa yang terbaik, dan menggunakannya sebagai standar untuk meningkatkan produk;proses, dan jasa perusahaan itu sendiri.contoh:Suatu perusahaan kosmetik menciptakan produk kosmetiknya tanpa menggunakan mercury sedikitpun.

9. Planning

1.What is planning? Why it is so important?
2. State 6 steps to make the goal?
3. There are 4 approach in planning explain each other?
4. Out line the hierarky of goal and plan of organizational?
5. State 5 barriers in planning?
Jawab : 
1.perencanaan (planning) adalah proses penetapan tujuan, dan cara-cara atau tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan. 
  Dalam konteks organsasi perencanaan adalah proses penetepan tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu.
Perencanaan sangat penting karena dalam implementsinya dengan planning kita dapat memcapai tujuan secara maksimal dan lebih efisien sperti dalam penggunakaan peralatan, biaya bahan baku, waktu, biaya produksi, dll.
2.Cara penetapan tujuan
1. Specify the goal to be reached or task to be done
2. Specify how the performance will be measured
3. Specify the standard or target to be reached 
4. Specify the time span involved
5. Prioritize the goal
6. Determine coordination requirement

3. pendekatan dalam perencanaan 
• The top-down approach
• The bottom-up approach
• A mixture of the top-down and bottom-up approach
• The team approach

4.Hirarki tujuan dan rencana organisasi
a. Tujuan strategis
b. Tujuan taktis
c. Tujuan operasional
d. Rencana
e. Rencana strategis
f. Rencana operasional
g. Misi
h. Mission Statement
5.hambatan potensial terhadap perncanaan.
  Perubahan lingkungan yan terjadi secara cepat
  Pandangan di kalangan manajer bahwa perencanaan tidak di perlukan
  Tekanan pekerjaaan sehari-hari terhadap para manajer
  Kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki para manajer tentang pembuatan rencana
  Perencanaan efektif dapat terhambat jika para staf ahli perencanaan (staff specialists) diberi peluang untuk mendominasi perencanaan
10. Decision making
1. Draw and explain in the relationship of decision making situation to management level in organization?
2. Explain and give example of programmed and decision?
3. State pra condition of decision making process?
4. There are symptoms for some in the organization explain?
5. Draw and explain the rational decision making process?

1.Relation of Decision-making situation to management level on organization



  Decision
  Type

  Lower Middle Top
  Management level

Di dalam gambar tersebut m,enjelaskan tentang situasi pengambilam keputusan, yang terdiri dari keputusan terprogram dan keputusan tidak terprogram,
2. keputusan terprogram adalah solusi atas masalah-masalah rutin yang di tentukan 
  berdasarkan peraturan, prosedur, atau kebiasaan. Keputusan terprogram dapat di 
  artikan juga sebagai “decision made in routine, repetitive, well structured situations 
  through the use if predetermined decision rules”
  Contoh: Pembag

3. prakondisi bagi penyeleasian masalah
• Ada kesenjangan antara keadaan saat ini dan keadaaan yang diinginkan
• Ada kesadaran tentang kesenjangan
• Ada motivasi untu menyelesaikan masalah
• Ada kemampuan dan sumber daya untuk menyelasaikan masalah.

4. Penyimpangan dari pengalaman masa lalu
  Penyimpangan dari suatu masalah
  Orang atau pihak lain yang sering memunculkan masalah bagi manajer
  Unjuk kerja pesaing dapat menciptakan masalah.













Penjelasan dari gambar tersebut adalah proses pengambilan keputusan yang terdiri dari:
  Mengidentifikasikan masalah.
  Mengembangkan alternatif penyelasaian masalah 
  Mengevaluasi dan memulih satu alternative
  Mengimplementasikan dan memantau penyesaian masalah yang telah dipilih.







Nama : Eko Liyanto
Kelas : 1 AB C
1. Organisasi
1. Apa organisasi itu? Apa manfaat bagi kehidupan? Dan apa cirri nya menurut Carcia?
2. Apa manajemen itu?
3. Ganbarkan dan jelaskan the interactive nature of management process?
4. When we think of organization we think of management
  a. bagaimana pendapat anda?
  b. Apakah dengan manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja perusahaan?
  Jelaskan?
1.organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama secar tersruktur unutk mencapai tujuan atau serangkanian tujuan tertentu. Organisasi dapat didefinisikan jiga sebagi “dua orang atau lebih yang terlibat dalam upaya sistematik unutk menghasilkan barang atau jasa”
 Menurut Cascio (1992) Setiap organisasi 
 Terdiri atas orang-orang
 Yang melakukan tugas-tugas khusus
 Yang di koordinasikan
 Untuk meningkatkan nilai atau kegunaan dari sejumlah barang atau jasa
 Yang diinginkan oleh, dan diseciakan untuk, sekumpulan konsumen atau klien
Manfaat Organisasi bagi kehidupan sangat banyak diantaranya dengan adanya organisasi pencapaian tujuan kita akan lebih mudah. Dengan organisasi membuat segala yang kita lakukan lebih teratur sehingga hasil yang di dapat akan lebih maksimal.
2 Manajemen adalah :Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas upaya-upaya para anggota organsasi dan atas penggunaan semua sumber daya organisasi yang tersedia unutk mencapai tujan organisasi. Atau dapat dikatakan Proses pencapain tujuan organisasi melalui pelaksanaan fungsi-fungsi perencaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:






 
 Perencanaan (planning) adalah proses pengalokasian penetapan tujuan dan cara-cara terbaik untuk mencapainya.
 Pengoganisasian (organizing) adalah proses pengalokasian dan pengaturan SDM agar rencana berjalan degan baik.
 Pengarahan (Leading) adalah proses mempengaruhi oarng lain agar mereka bersedia menunujukan perilaku kerja yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
 Pengawasan (controlling) adalah prosees pemantauan aktivitas-aktivitas organisasi untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan ini sejalan dengan rencana dan proses koreksi atas kesalahan atau penyimpangan yang terjadi.

4. a. Tentu karena Menurut saya Management suatu perusahaan tidak hanya menyangkut para manger dan sistem managemen yang diciptakan, akan tetapi meneger dan sistem management lah yang membedakan organisasi formal dari kumpulan beberapa orang yang bersifat informal atau tidak memiliki tujuan. Oleh karena itu ketika kita berfikir tentang organisasi kita mesti berpikir tentang Management karena management adalah sistim dari Organisasi tersebut 
  b. Tentu, karena dengan Sistim Management yang baik seluruh kinerja masing-masing bagian akan berkesinambungan dengan bagian yang lainnya, secara harmonis sehingga tuluan perusahaan akan tercapai secara maksimal yang berimbas pada tumbuh sehatnya perusaan tersebut di dunia usahanya. 

2. “manager”

1. What and who is manager? Is it differ with Leader?
2. What is duties of manager? Would you classified into 3 catagories depend from 
  Mintzberg?
3. State and draw 3 kinds of manager task compare with 3 level of management?
4. The future chalange of management are need for vision, need for ethic and need for 
  responsivness to cultural diversity ?

1.Manager adalah Orang yang bertanggung jawab untuk mengerahkan upaya-upaya yang ditujukan untuk membantu organisasi falam mencapai tujuannya atau bisa dikatakan manajer adalah orang yang bertanggung jawab pada proses management dan menciptakan system management, sedangkan Leader adalah seseorang yang memimpin suatu Organisasi. Sehingga perbedaan antara leader dan manager adalah objek yang dipimpin dan tanggung jawab yang masing-masing mereka pegang.
2.peran-peran manager
Role Description
INTERPERSONAL
Figurhead
Leader

Laison
 
Performs symbolic duties of a legal or social nature.
Build relationships with subordinate and communicates with, motivates, and coaches them
Maintains network of contacts outside unit who provide help and information
 
INFORMATIONAL
Monitor

Disseminator

Spokesperson 
Seek internal and external information about issues that can effect organization
Transmits information internally that is obtained from either internal or external sources.
Transmits information about the organization to out sider
DECIONAL
Entrepreneur

Disturbance handler

Resource allocator

Negotiator 
Act as initiator, designer, and encourager of change and innovation
Takes corrective action when organization faces important, unexpected difficulties.
Distributes resource of all type, including time, funding. Equipment, and human resources.

Represents the organization in major negotiations affecting the manager’s areas of responsibility

CONCEPTUAL

HUMAN
TECHNICAL

3. 3 level Managers
CONCEPTUAL
HUMAN

TECHNICAL


CONCEPTUAL

HUMAN

TECHNICAL

  FIRST-LINE MIDLLE TOP
MANAGEMENT MANAGEMENT MANAGEMENT  
First –line management:manejer tingkat rendah dalam hirarki organisasi. Yang
  bertanggung jawab pada karyawan operasional.
Midlle management: manajer yang berada pada jenjang menengah hirarki organisasi
  mereka bertanggung jawab pada manejer lain.
Top management: manejer yang bertanggungjawab atas pengelolaan organisasi secra
  menyeluruh.

4. “The need for vision” mengambil manfaat dari kondisi perubahan lingkingan, karena 
  perubahan-perubahan lingkungan berlangsung konstan dan dinamis.
  “The need for ethic”keputusan yang diambil oleh manajer di dalam organisasi, 
  mempunyai pengaruh ke dalam dan keluar oraganisasi, sebab itu, manejer harus 
  memperhatikan nilai-nilai etik.
  “The need for responsiveness to cultural diversity” setiap manejer dalam oeganisasi
  modern perlu memiliki keterampilam untuk mengellola keragaman budaya.

3. Questions 3 “Environment Business”
1. What is environment in the business context?
2. Differ between internal environment and external environment give example?
3. There are four kinds of environment, there are uncertainty, complexity, dynamic and
  munifience environment explain each?
4. What kinds of matters related with natural environment why is become a problem for 
  Manager
  Jawab :
1. lingkungnan bisnis adalah lingkungan yang berada di dalam dan di luar bisnis atau
  lingkungan ekternal dan lingkungan internal, yang mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut.

2. Lingkungan eksternal
Adalah kekuatan-kekutan utama di luar organisasi yang memiliki potensi unutk mempengaruhi keberhasilan suat organisasi dalam mencapai tujuan. Contoh nya
Unsur teknologi, unsur ekonomi, unsure politik/hukum, unsur sosial budaya, unsur internasional.
dan task environment: pekerja, pemegang saham dan dewan direksi, konsumen dank lien, pesaing, pemasok, penawaran tenaga kerja, lembaga/badan pemerintah, lembaga keuangan, serikat pekerja, media, special-interests groups
. Lingkungan internal
Adalah faktor-faktor atau kondisi umum yang berada di dalam suatu organisasi/ perusahaan lingkungan ini mempengaruhi mission, policy, dan comporate culture. 
.
3. ketidakpastian lingkungan: suatu lingkungan diman kondisi masa depan yang
  mempengaruhi sebuah organisasi tidak dinilai tau diprediksi secara akurat.
  Kompleksitas lingkungan: jumlah unsure di dalam lingkungnan sebuah organisasi dan derajat kesamaannya.
  Dinamika lingkungan: adalah tingkat dan prekdiktabilitas perubahan dalam insur-
  unsur lingkungan sebuah organisasi.
  Keramaham lingkungan: dejarat yang menunjukan sejauh mana lingkungan dapat
  mendukung pertumbuhan dan stabilitas yang berlanjutan.
4. beberapa masalah yan menonjol adalah 
o Polusi
o Perubahan iklim
o Penipisan ozon
o Isu-isu global lainnya. (penyediaan air bersih, populasi, ketersediaan pangan, dll)
 Hal tersebut menjadi masalah bagi manejer, karena menejer dianggap sebagia seseorang yang bertanggungjawab yang mengatur sebagian perusahaan, tetapi masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah manejer tetapi menjadi masalah bagi masyrakat yang berada di sekitar perusahaan/industri tertentu.

4. ethics

1. What is ethics?
2. What is professional ethics?
3. Why ethics is important for manager decision process?
4. In the business context ethics is important society, stakeholder, policy,
  and personal. What do you think?

1. Etika adalah nilai-nilai dan norma moral yang digunakan oleh seseorang / kelompok sebagai pegangan bagi tingkah lakunya
2. Professional ethic adalah suatu moral community yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama tentang apa yang baik dan buruk serta hal yang boleh dan tidak dilakukan dalam pekerjaanya.
3.dengan adnaya etika yang baik menejer akan mampu mengnabil keputusan dengan baik
  juga tanpa adanya pihak yang dirugikan, karena menejer menggunakan aturan-aturan
  dalam mengambil keputusan.
4. masyarakat: bentuk kelembagaan atau industri dasar dalam suatu masyrakat
  Stakeholder:jenjang ini kita mempertanyakan bagaimana seharusnnya suatu organisasi atau perusahaan berhubungnan dengan pihak-pihak yang terken adampak dari keputusan-keputusannya, dan juga bagaimana para stakeholder berhungan dengan
  perusahaan.

5. Globalization
1. What is globalization? Is it the management rule? Explain!
2. Promixity, location, and attitude are factor for globalization? Explain!
3. Why competitiveness is important for business globalization?
4. For business there are several ways to go international, explain?

1.Globalisasi adalah pengakuan oleh organisasi-organisasi bahwa bisnis harus mempunyai suatu fokus global, tidak hanya lokal. Globalisasi adalah suatu stategi yang ditujukan untuk mengembangkan produk-produk yang relative standard dan memiliki daya tarik global, serta sekaligus bertujuan untuk menjalankan operasi di seluruh dunia,
  Sangat berpengaruh terhadap peraturan manajemen, karena di dalam kegiatan manajemen terdapat proses manajemen yang meliputi: Planning, organizing, Leading, dan Controlling, keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada manajemen yang di aplikasikan di dalam perusahaan.
 
2.promixity: menjadikan jarak menjadi dekat dan ini berhubungan dengan kemajuan
  teknologi, contoh telepon,internet.
Location: operasi sebuah organisasi yang melintasi batas-batas Negara adalah bagian dari globalisasi.
Attitude:globalisasi yan berkaitan dengan kebutuhan akan suatu sikap baru yang terbuka
dalam melakukan praktek-praktek manajeman secara internasional.
3. kompetitive adalah posisi relative dari satu pesaing di antara pesaing lainnya. Pesaing sangat penting untuk globalisasi, karena dengan adanya pesaing dapat memotivasi untuk menciptakan barang/jasa yang lebih berkualitas di antara pesaing lainnya.
4. How to go INTERNATIONAL 
 Eksport
 Lisensi
Waralaba
Usaha patungan
Kemitraan strategi
Enthnocentric manager
Polycentric Manager
Geocentic Manager
   
6. Small business
1. What is small business?
2. What is entrepreneur? And What is entrepreneurship?
3. is entrepreneurship is a small business? Explain?
4. State 5 character of entrepreneur?
5. explain the berries of entrepreneurship?
Jawab :
1.small business adalah usaha yang dimilii dan dikelola sendiri, biasanya dengan sejumlah kecil karyawan yang bekerja di suatu lokasi saja.
2.Entrepreneur adalah pemrakarsa dari suatu usaha baru dan pemrakarsa berdirinya organisasi baru untuj menjalankan usaha itu.
  Entrepreneurship adalah proses menggabungkan sumber daya untuk menghasilkan barang-barang atau jasa baru; proses ini tampak sebagai sebuah proses yang “discontinuous”.

3. tidak karena usaha kecil merupakan usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri, sedangkan Entrepreneur adalah orang yang memprakasai usaha baru bukan sebuah usaha melainkan sifat dan kemampuan seseorang.

4. Karakter entrepreneurship : 
Need-for-achievement
 Locus of control
 Tolerance for risk
 Tolerance for ambiguity
 Type A behavior

5.HAMBATAN BAGI TUMBUHNYA KEWIRAUSAHAN
ENVIRONMNETAL HELP BARRIERS
Market Contacts A Lack of viable concepts
Lack of market familiarities
Localincubator Companies Lack of Market familiarities
Capable Local Manpower Lack of technical Skills
Technical Education and Support Lack of technical Skill
Supplies Assistance and Credit Lack of seed capital
Local Assitance and credit Lack of seed Capital
Venture savvy banker Lack of business know-how
Lack of seed Capital
Capable local Advisors Lack of business know-how
Entrepreneurial education Lack of business know-how
Compiacency, non-motivation
Successful Role Models Social Stigma 

7. Organizational Culture
1. What is organizational culture? Give example?
2. State the scein`s level of culture?
3. What is multiculturalism? How manager solve this problem?
Jawab :
1. Budaya organisasi adalah mekanisme yang di gunakan oleh sebuah organisasi dan
  anggota-anggotanya untuk belajar mengelola tantangan-tantangan eksternal dan
  mewujudkan integrasi internal.

2. 













Arifacts adalah hal-hal yang membentuk suatu budaya dan mengungkapkan segala sesuatu tentang kebudayaan itu kepada pihak lain. Ini adalah jenjang pertama dalam budaya organisasi.
Esposoued Values adalah alas an yang dikemukakan oleh suatu organisasi tentang cara-cara yang ditempuh untuk untuk melakukan sesuatu, jenjang ini merupakan jenjang kedua dari baudaya organisasi.
Basic Assumptions. asumsi dasar adalah kepercayaan-kepercayaan yang di yakini kebenaran nya.oleh para anggota organisasi.

3. multikulturalisme : pandangan yang adanya yang mengnakui latar belakang budaya yang berbeda-beda, mengakui pula bahwa orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbedadapat hidup berdampingan dan bekerja sama dalam suatu organisasi.
  Menejer mengatasi masalah ini dengan cara tidak membedakan gender,tidak ada sindrom atap kaca, tidak ada pelecehan seksual, dan menejer pun tidak membedakan latar belakang budaya seseorang dalam brkerja, dan menejer harus mampu bersikap bijaksana terhadap latar belakng budaya.

8. Quality

1. What is quality?
2. State 8 dimension of quality?
3. What is TQM?TCQ? Q Cyrcle?
4. What is fishbone diagram? Give the example?
5. What is benchmarking?

1.kualitas :Dalam konteks pekerjaan, kualitas sering di pandang sebagia sesuatu yang tidak hanya sekedar penciptaan produk yang lebih baik dari rata-rata dengan harga yang wajar, dan sekarang diartikan sebagai penciptaan barang dan jasa yang semakin membaik denga harga yang semakin kompetitif; termasuk melakukan segala sesuatu secara benar sejak awal, dari pada membuat dan memperbaiki kasalahan sesudahnya.
  Kualitas dapat diartikan juga sebagai totalitas dari “fearure” dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berstandar pada kemampuan unutk memuaskan kebutuhan, baik yang di ungkapkan maupun yang tidak.

2.dimensi kualitas adalah
 Unjuk kerja
 Feature
 Keandalan
 Kesesuaian
 Ketahanan
 Serviceability
 Estetika
 Perceived quality
3.Manajeman Mutu terpadu atau Total quality Mangement (TMQ) adalah komtimen cultural organisasi untuk memuaskan konsumen melaului penggunaan system yang terdiri atas peralatan, teknik, dan pelatihan.
  Pengendalian Mutu Trepadu atau Total Quality Control (TQC) adalah suatu pendekatan pengendalian mutu yang menekankan pada komitmen organisasi secara menyeluruh, keterpaduan dari sasaran-sasaran pengikatan mutu, dan di masukannya mutu sebagai satu faktor dalam penilaian unjuk-kerja.
  Gugus kendali Mutu (Quality Cicle) adalah kelompok kerja yang bertemu guna membahas cara-cara untuk meningkatkan mutu dan memecahkan masalah-masalah produksi atau sebuah kelompok kecil pekerja yang bertemu secara berkala untuk memecahkan masalah qualitas yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.

4.Fishbone diagram adalah diagram yang digunkan untuk menata dan menunujukan secara visual kemungkinan penyebab dar suatu masalah atau kejadian, disebut juga diagram sebab-akibat atau diagram Ishikawa.

5.Benchmarking: proses pencarian atua penemuan “feature” produk, proses, dan jasa yang terbaik, dan menggunakannya sebagai standar untuk meningkatkan produk;proses, dan jasa perusahaan itu sendiri.contoh:Suatu perusahaan kosmetik menciptakan produk kosmetiknya tanpa menggunakan mercury sedikitpun.

9. Planning

1.What is planning? Why it is so important?
2. State 6 steps to make the goal?
3. There are 4 approach in planning explain each other?
4. Out line the hierarky of goal and plan of organizational?
5. State 5 barriers in planning?
Jawab : 
1.perencanaan (planning) adalah proses penetapan tujuan, dan cara-cara atau tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan. 
  Dalam konteks organsasi perencanaan adalah proses penetepan tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu.
Perencanaan sangat penting karena dalam implementsinya dengan planning kita dapat memcapai tujuan secara maksimal dan lebih efisien sperti dalam penggunakaan peralatan, biaya bahan baku, waktu, biaya produksi, dll.
2.Cara penetapan tujuan
1. Specify the goal to be reached or task to be done
2. Specify how the performance will be measured
3. Specify the standard or target to be reached 
4. Specify the time span involved
5. Prioritize the goal
6. Determine coordination requirement

3. pendekatan dalam perencanaan 
• The top-down approach
• The bottom-up approach
• A mixture of the top-down and bottom-up approach
• The team approach

4.Hirarki tujuan dan rencana organisasi
a. Tujuan strategis
b. Tujuan taktis
c. Tujuan operasional
d. Rencana
e. Rencana strategis
f. Rencana operasional
g. Misi
h. Mission Statement
5.hambatan potensial terhadap perncanaan.
  Perubahan lingkungan yan terjadi secara cepat
  Pandangan di kalangan manajer bahwa perencanaan tidak di perlukan
  Tekanan pekerjaaan sehari-hari terhadap para manajer
  Kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki para manajer tentang pembuatan rencana
  Perencanaan efektif dapat terhambat jika para staf ahli perencanaan (staff specialists) diberi peluang untuk mendominasi perencanaan
10. Decision making
1. Draw and explain in the relationship of decision making situation to management level in organization?
2. Explain and give example of programmed and decision?
3. State pra condition of decision making process?
4. There are symptoms for some in the organization explain?
5. Draw and explain the rational decision making process?

1.Relation of Decision-making situation to management level on organization



  Decision
  Type

  Lower Middle Top
  Management level

Di dalam gambar tersebut m,enjelaskan tentang situasi pengambilam keputusan, yang terdiri dari keputusan terprogram dan keputusan tidak terprogram,
2. keputusan terprogram adalah solusi atas masalah-masalah rutin yang di tentukan 
  berdasarkan peraturan, prosedur, atau kebiasaan. Keputusan terprogram dapat di 
  artikan juga sebagai “decision made in routine, repetitive, well structured situations 
  through the use if predetermined decision rules”
  Contoh: Pembag

3. prakondisi bagi penyeleasian masalah
• Ada kesenjangan antara keadaan saat ini dan keadaaan yang diinginkan
• Ada kesadaran tentang kesenjangan
• Ada motivasi untu menyelesaikan masalah
• Ada kemampuan dan sumber daya untuk menyelasaikan masalah.

4. Penyimpangan dari pengalaman masa lalu
  Penyimpangan dari suatu masalah
  Orang atau pihak lain yang sering memunculkan masalah bagi manajer
  Unjuk kerja pesaing dapat menciptakan masalah.













Penjelasan dari gambar tersebut adalah proses pengambilan keputusan yang terdiri dari:
  Mengidentifikasikan masalah.
  Mengembangkan alternatif penyelasaian masalah 
  Mengevaluasi dan memulih satu alternative
  Mengimplementasikan dan memantau penyesaian masalah yang telah dipilih.







Nama : Eko Liyanto
Kelas : 1 AB C
1. Organisasi
1. Apa organisasi itu? Apa manfaat bagi kehidupan? Dan apa cirri nya menurut Carcia?
2. Apa manajemen itu?
3. Ganbarkan dan jelaskan the interactive nature of management process?
4. When we think of organization we think of management
  a. bagaimana pendapat anda?
  b. Apakah dengan manajemen yang baik dapat meningkatkan kinerja perusahaan?
  Jelaskan?
1.organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang bekerja sama secar tersruktur unutk mencapai tujuan atau serangkanian tujuan tertentu. Organisasi dapat didefinisikan jiga sebagi “dua orang atau lebih yang terlibat dalam upaya sistematik unutk menghasilkan barang atau jasa”
 Menurut Cascio (1992) Setiap organisasi 
 Terdiri atas orang-orang
 Yang melakukan tugas-tugas khusus
 Yang di koordinasikan
 Untuk meningkatkan nilai atau kegunaan dari sejumlah barang atau jasa
 Yang diinginkan oleh, dan diseciakan untuk, sekumpulan konsumen atau klien
Manfaat Organisasi bagi kehidupan sangat banyak diantaranya dengan adanya organisasi pencapaian tujuan kita akan lebih mudah. Dengan organisasi membuat segala yang kita lakukan lebih teratur sehingga hasil yang di dapat akan lebih maksimal.
2 Manajemen adalah :Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan atas upaya-upaya para anggota organsasi dan atas penggunaan semua sumber daya organisasi yang tersedia unutk mencapai tujan organisasi. Atau dapat dikatakan Proses pencapain tujuan organisasi melalui pelaksanaan fungsi-fungsi perencaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Lebih jelasnya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:






 
 Perencanaan (planning) adalah proses pengalokasian penetapan tujuan dan cara-cara terbaik untuk mencapainya.
 Pengoganisasian (organizing) adalah proses pengalokasian dan pengaturan SDM agar rencana berjalan degan baik.
 Pengarahan (Leading) adalah proses mempengaruhi oarng lain agar mereka bersedia menunujukan perilaku kerja yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
 Pengawasan (controlling) adalah prosees pemantauan aktivitas-aktivitas organisasi untuk melihat apakah kegiatan-kegiatan ini sejalan dengan rencana dan proses koreksi atas kesalahan atau penyimpangan yang terjadi.

4. a. Tentu karena Menurut saya Management suatu perusahaan tidak hanya menyangkut para manger dan sistem managemen yang diciptakan, akan tetapi meneger dan sistem management lah yang membedakan organisasi formal dari kumpulan beberapa orang yang bersifat informal atau tidak memiliki tujuan. Oleh karena itu ketika kita berfikir tentang organisasi kita mesti berpikir tentang Management karena management adalah sistim dari Organisasi tersebut 
  b. Tentu, karena dengan Sistim Management yang baik seluruh kinerja masing-masing bagian akan berkesinambungan dengan bagian yang lainnya, secara harmonis sehingga tuluan perusahaan akan tercapai secara maksimal yang berimbas pada tumbuh sehatnya perusaan tersebut di dunia usahanya. 

2. “manager”

1. What and who is manager? Is it differ with Leader?
2. What is duties of manager? Would you classified into 3 catagories depend from 
  Mintzberg?
3. State and draw 3 kinds of manager task compare with 3 level of management?
4. The future chalange of management are need for vision, need for ethic and need for 
  responsivness to cultural diversity ?

1.Manager adalah Orang yang bertanggung jawab untuk mengerahkan upaya-upaya yang ditujukan untuk membantu organisasi falam mencapai tujuannya atau bisa dikatakan manajer adalah orang yang bertanggung jawab pada proses management dan menciptakan system management, sedangkan Leader adalah seseorang yang memimpin suatu Organisasi. Sehingga perbedaan antara leader dan manager adalah objek yang dipimpin dan tanggung jawab yang masing-masing mereka pegang.
2.peran-peran manager
Role Description
INTERPERSONAL
Figurhead
Leader

Laison
 
Performs symbolic duties of a legal or social nature.
Build relationships with subordinate and communicates with, motivates, and coaches them
Maintains network of contacts outside unit who provide help and information
 
INFORMATIONAL
Monitor

Disseminator

Spokesperson 
Seek internal and external information about issues that can effect organization
Transmits information internally that is obtained from either internal or external sources.
Transmits information about the organization to out sider
DECIONAL
Entrepreneur

Disturbance handler

Resource allocator

Negotiator 
Act as initiator, designer, and encourager of change and innovation
Takes corrective action when organization faces important, unexpected difficulties.
Distributes resource of all type, including time, funding. Equipment, and human resources.

Represents the organization in major negotiations affecting the manager’s areas of responsibility

CONCEPTUAL

HUMAN
TECHNICAL

3. 3 level Managers
CONCEPTUAL
HUMAN

TECHNICAL


CONCEPTUAL

HUMAN

TECHNICAL

  FIRST-LINE MIDLLE TOP
MANAGEMENT MANAGEMENT MANAGEMENT  
First –line management:manejer tingkat rendah dalam hirarki organisasi. Yang
  bertanggung jawab pada karyawan operasional.
Midlle management: manajer yang berada pada jenjang menengah hirarki organisasi
  mereka bertanggung jawab pada manejer lain.
Top management: manejer yang bertanggungjawab atas pengelolaan organisasi secra
  menyeluruh.

4. “The need for vision” mengambil manfaat dari kondisi perubahan lingkingan, karena 
  perubahan-perubahan lingkungan berlangsung konstan dan dinamis.
  “The need for ethic”keputusan yang diambil oleh manajer di dalam organisasi, 
  mempunyai pengaruh ke dalam dan keluar oraganisasi, sebab itu, manejer harus 
  memperhatikan nilai-nilai etik.
  “The need for responsiveness to cultural diversity” setiap manejer dalam oeganisasi
  modern perlu memiliki keterampilam untuk mengellola keragaman budaya.

3. Questions 3 “Environment Business”
1. What is environment in the business context?
2. Differ between internal environment and external environment give example?
3. There are four kinds of environment, there are uncertainty, complexity, dynamic and
  munifience environment explain each?
4. What kinds of matters related with natural environment why is become a problem for 
  Manager
  Jawab :
1. lingkungnan bisnis adalah lingkungan yang berada di dalam dan di luar bisnis atau
  lingkungan ekternal dan lingkungan internal, yang mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut.

2. Lingkungan eksternal
Adalah kekuatan-kekutan utama di luar organisasi yang memiliki potensi unutk mempengaruhi keberhasilan suat organisasi dalam mencapai tujuan. Contoh nya
Unsur teknologi, unsur ekonomi, unsure politik/hukum, unsur sosial budaya, unsur internasional.
dan task environment: pekerja, pemegang saham dan dewan direksi, konsumen dank lien, pesaing, pemasok, penawaran tenaga kerja, lembaga/badan pemerintah, lembaga keuangan, serikat pekerja, media, special-interests groups
. Lingkungan internal
Adalah faktor-faktor atau kondisi umum yang berada di dalam suatu organisasi/ perusahaan lingkungan ini mempengaruhi mission, policy, dan comporate culture. 
.
3. ketidakpastian lingkungan: suatu lingkungan diman kondisi masa depan yang
  mempengaruhi sebuah organisasi tidak dinilai tau diprediksi secara akurat.
  Kompleksitas lingkungan: jumlah unsure di dalam lingkungnan sebuah organisasi dan derajat kesamaannya.
  Dinamika lingkungan: adalah tingkat dan prekdiktabilitas perubahan dalam insur-
  unsur lingkungan sebuah organisasi.
  Keramaham lingkungan: dejarat yang menunjukan sejauh mana lingkungan dapat
  mendukung pertumbuhan dan stabilitas yang berlanjutan.
4. beberapa masalah yan menonjol adalah 
o Polusi
o Perubahan iklim
o Penipisan ozon
o Isu-isu global lainnya. (penyediaan air bersih, populasi, ketersediaan pangan, dll)
 Hal tersebut menjadi masalah bagi manejer, karena menejer dianggap sebagia seseorang yang bertanggungjawab yang mengatur sebagian perusahaan, tetapi masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah manejer tetapi menjadi masalah bagi masyrakat yang berada di sekitar perusahaan/industri tertentu.

4. ethics

1. What is ethics?
2. What is professional ethics?
3. Why ethics is important for manager decision process?
4. In the business context ethics is important society, stakeholder, policy,
  and personal. What do you think?

1. Etika adalah nilai-nilai dan norma moral yang digunakan oleh seseorang / kelompok sebagai pegangan bagi tingkah lakunya
2. Professional ethic adalah suatu moral community yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama tentang apa yang baik dan buruk serta hal yang boleh dan tidak dilakukan dalam pekerjaanya.
3.dengan adnaya etika yang baik menejer akan mampu mengnabil keputusan dengan baik
  juga tanpa adanya pihak yang dirugikan, karena menejer menggunakan aturan-aturan
  dalam mengambil keputusan.
4. masyarakat: bentuk kelembagaan atau industri dasar dalam suatu masyrakat
  Stakeholder:jenjang ini kita mempertanyakan bagaimana seharusnnya suatu organisasi atau perusahaan berhubungnan dengan pihak-pihak yang terken adampak dari keputusan-keputusannya, dan juga bagaimana para stakeholder berhungan dengan
  perusahaan.

5. Globalization
1. What is globalization? Is it the management rule? Explain!
2. Promixity, location, and attitude are factor for globalization? Explain!
3. Why competitiveness is important for business globalization?
4. For business there are several ways to go international, explain?

1.Globalisasi adalah pengakuan oleh organisasi-organisasi bahwa bisnis harus mempunyai suatu fokus global, tidak hanya lokal. Globalisasi adalah suatu stategi yang ditujukan untuk mengembangkan produk-produk yang relative standard dan memiliki daya tarik global, serta sekaligus bertujuan untuk menjalankan operasi di seluruh dunia,
  Sangat berpengaruh terhadap peraturan manajemen, karena di dalam kegiatan manajemen terdapat proses manajemen yang meliputi: Planning, organizing, Leading, dan Controlling, keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada manajemen yang di aplikasikan di dalam perusahaan.
 
2.promixity: menjadikan jarak menjadi dekat dan ini berhubungan dengan kemajuan
  teknologi, contoh telepon,internet.
Location: operasi sebuah organisasi yang melintasi batas-batas Negara adalah bagian dari globalisasi.
Attitude:globalisasi yan berkaitan dengan kebutuhan akan suatu sikap baru yang terbuka
dalam melakukan praktek-praktek manajeman secara internasional.
3. kompetitive adalah posisi relative dari satu pesaing di antara pesaing lainnya. Pesaing sangat penting untuk globalisasi, karena dengan adanya pesaing dapat memotivasi untuk menciptakan barang/jasa yang lebih berkualitas di antara pesaing lainnya.
4. How to go INTERNATIONAL 
 Eksport
 Lisensi
Waralaba
Usaha patungan
Kemitraan strategi
Enthnocentric manager
Polycentric Manager
Geocentic Manager
   
6. Small business
1. What is small business?
2. What is entrepreneur? And What is entrepreneurship?
3. is entrepreneurship is a small business? Explain?
4. State 5 character of entrepreneur?
5. explain the berries of entrepreneurship?
Jawab :
1.small business adalah usaha yang dimilii dan dikelola sendiri, biasanya dengan sejumlah kecil karyawan yang bekerja di suatu lokasi saja.
2.Entrepreneur adalah pemrakarsa dari suatu usaha baru dan pemrakarsa berdirinya organisasi baru untuj menjalankan usaha itu.
  Entrepreneurship adalah proses menggabungkan sumber daya untuk menghasilkan barang-barang atau jasa baru; proses ini tampak sebagai sebuah proses yang “discontinuous”.

3. tidak karena usaha kecil merupakan usaha yang dimiliki dan dikelola sendiri, sedangkan Entrepreneur adalah orang yang memprakasai usaha baru bukan sebuah usaha melainkan sifat dan kemampuan seseorang.

4. Karakter entrepreneurship : 
Need-for-achievement
 Locus of control
 Tolerance for risk
 Tolerance for ambiguity
 Type A behavior

5.HAMBATAN BAGI TUMBUHNYA KEWIRAUSAHAN
ENVIRONMNETAL HELP BARRIERS
Market Contacts A Lack of viable concepts
Lack of market familiarities
Localincubator Companies Lack of Market familiarities
Capable Local Manpower Lack of technical Skills
Technical Education and Support Lack of technical Skill
Supplies Assistance and Credit Lack of seed capital
Local Assitance and credit Lack of seed Capital
Venture savvy banker Lack of business know-how
Lack of seed Capital
Capable local Advisors Lack of business know-how
Entrepreneurial education Lack of business know-how
Compiacency, non-motivation
Successful Role Models Social Stigma 

7. Organizational Culture
1. What is organizational culture? Give example?
2. State the scein`s level of culture?
3. What is multiculturalism? How manager solve this problem?
Jawab :
1. Budaya organisasi adalah mekanisme yang di gunakan oleh sebuah organisasi dan
  anggota-anggotanya untuk belajar mengelola tantangan-tantangan eksternal dan
  mewujudkan integrasi internal.

2. 













Arifacts adalah hal-hal yang membentuk suatu budaya dan mengungkapkan segala sesuatu tentang kebudayaan itu kepada pihak lain. Ini adalah jenjang pertama dalam budaya organisasi.
Esposoued Values adalah alas an yang dikemukakan oleh suatu organisasi tentang cara-cara yang ditempuh untuk untuk melakukan sesuatu, jenjang ini merupakan jenjang kedua dari baudaya organisasi.
Basic Assumptions. asumsi dasar adalah kepercayaan-kepercayaan yang di yakini kebenaran nya.oleh para anggota organisasi.

3. multikulturalisme : pandangan yang adanya yang mengnakui latar belakang budaya yang berbeda-beda, mengakui pula bahwa orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbedadapat hidup berdampingan dan bekerja sama dalam suatu organisasi.
  Menejer mengatasi masalah ini dengan cara tidak membedakan gender,tidak ada sindrom atap kaca, tidak ada pelecehan seksual, dan menejer pun tidak membedakan latar belakang budaya seseorang dalam brkerja, dan menejer harus mampu bersikap bijaksana terhadap latar belakng budaya.

8. Quality

1. What is quality?
2. State 8 dimension of quality?
3. What is TQM?TCQ? Q Cyrcle?
4. What is fishbone diagram? Give the example?
5. What is benchmarking?

1.kualitas :Dalam konteks pekerjaan, kualitas sering di pandang sebagia sesuatu yang tidak hanya sekedar penciptaan produk yang lebih baik dari rata-rata dengan harga yang wajar, dan sekarang diartikan sebagai penciptaan barang dan jasa yang semakin membaik denga harga yang semakin kompetitif; termasuk melakukan segala sesuatu secara benar sejak awal, dari pada membuat dan memperbaiki kasalahan sesudahnya.
  Kualitas dapat diartikan juga sebagai totalitas dari “fearure” dan karakteristik suatu barang atau jasa yang berstandar pada kemampuan unutk memuaskan kebutuhan, baik yang di ungkapkan maupun yang tidak.

2.dimensi kualitas adalah
 Unjuk kerja
 Feature
 Keandalan
 Kesesuaian
 Ketahanan
 Serviceability
 Estetika
 Perceived quality
3.Manajeman Mutu terpadu atau Total quality Mangement (TMQ) adalah komtimen cultural organisasi untuk memuaskan konsumen melaului penggunaan system yang terdiri atas peralatan, teknik, dan pelatihan.
  Pengendalian Mutu Trepadu atau Total Quality Control (TQC) adalah suatu pendekatan pengendalian mutu yang menekankan pada komitmen organisasi secara menyeluruh, keterpaduan dari sasaran-sasaran pengikatan mutu, dan di masukannya mutu sebagai satu faktor dalam penilaian unjuk-kerja.
  Gugus kendali Mutu (Quality Cicle) adalah kelompok kerja yang bertemu guna membahas cara-cara untuk meningkatkan mutu dan memecahkan masalah-masalah produksi atau sebuah kelompok kecil pekerja yang bertemu secara berkala untuk memecahkan masalah qualitas yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.

4.Fishbone diagram adalah diagram yang digunkan untuk menata dan menunujukan secara visual kemungkinan penyebab dar suatu masalah atau kejadian, disebut juga diagram sebab-akibat atau diagram Ishikawa.

5.Benchmarking: proses pencarian atua penemuan “feature” produk, proses, dan jasa yang terbaik, dan menggunakannya sebagai standar untuk meningkatkan produk;proses, dan jasa perusahaan itu sendiri.contoh:Suatu perusahaan kosmetik menciptakan produk kosmetiknya tanpa menggunakan mercury sedikitpun.

9. Planning

1.What is planning? Why it is so important?
2. State 6 steps to make the goal?
3. There are 4 approach in planning explain each other?
4. Out line the hierarky of goal and plan of organizational?
5. State 5 barriers in planning?
Jawab : 
1.perencanaan (planning) adalah proses penetapan tujuan, dan cara-cara atau tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan. 
  Dalam konteks organsasi perencanaan adalah proses penetepan tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu.
Perencanaan sangat penting karena dalam implementsinya dengan planning kita dapat memcapai tujuan secara maksimal dan lebih efisien sperti dalam penggunakaan peralatan, biaya bahan baku, waktu, biaya produksi, dll.
2.Cara penetapan tujuan
1. Specify the goal to be reached or task to be done
2. Specify how the performance will be measured
3. Specify the standard or target to be reached 
4. Specify the time span involved
5. Prioritize the goal
6. Determine coordination requirement

3. pendekatan dalam perencanaan 
• The top-down approach
• The bottom-up approach
• A mixture of the top-down and bottom-up approach
• The team approach

4.Hirarki tujuan dan rencana organisasi
a. Tujuan strategis
b. Tujuan taktis
c. Tujuan operasional
d. Rencana
e. Rencana strategis
f. Rencana operasional
g. Misi
h. Mission Statement
5.hambatan potensial terhadap perncanaan.
  Perubahan lingkungan yan terjadi secara cepat
  Pandangan di kalangan manajer bahwa perencanaan tidak di perlukan
  Tekanan pekerjaaan sehari-hari terhadap para manajer
  Kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki para manajer tentang pembuatan rencana
  Perencanaan efektif dapat terhambat jika para staf ahli perencanaan (staff specialists) diberi peluang untuk mendominasi perencanaan
10. Decision making
1. Draw and explain in the relationship of decision making situation to management level in organization?
2. Explain and give example of programmed and decision?
3. State pra condition of decision making process?
4. There are symptoms for some in the organization explain?
5. Draw and explain the rational decision making process?

1.Relation of Decision-making situation to management level on organization



  Decision
  Type

  Lower Middle Top
  Management level

Di dalam gambar tersebut m,enjelaskan tentang situasi pengambilam keputusan, yang terdiri dari keputusan terprogram dan keputusan tidak terprogram,
2. keputusan terprogram adalah solusi atas masalah-masalah rutin yang di tentukan 
  berdasarkan peraturan, prosedur, atau kebiasaan. Keputusan terprogram dapat di 
  artikan juga sebagai “decision made in routine, repetitive, well structured situations 
  through the use if predetermined decision rules”
  Contoh: Pembag

3. prakondisi bagi penyeleasian masalah
• Ada kesenjangan antara keadaan saat ini dan keadaaan yang diinginkan
• Ada kesadaran tentang kesenjangan
• Ada motivasi untu menyelesaikan masalah
• Ada kemampuan dan sumber daya untuk menyelasaikan masalah.

4. Penyimpangan dari pengalaman masa lalu
  Penyimpangan dari suatu masalah
  Orang atau pihak lain yang sering memunculkan masalah bagi manajer
  Unjuk kerja pesaing dapat menciptakan masalah.













Penjelasan dari gambar tersebut adalah proses pengambilan keputusan yang terdiri dari:
  Mengidentifikasikan masalah.
  Mengembangkan alternatif penyelasaian masalah 
  Mengevaluasi dan memulih satu alternative
  Mengimplementasikan dan memantau penyesaian masalah yang telah dipilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar